Thursday, December 13, 2012

Kenali Penyebab Dan Gejala Batu Empedu

Gejala Batu Empedu - Batu empedu atau gall stone merupakan terbentuknya batu di dalam kandung empedu. Kandung empedu sendiri terletak di perut kanan atas tepat dibawah organ hati. Empedu yang dihasilkan di hati akan ditampung di dalam kandung empedu untuk dikeluarkan melalui usus yang berfungsi penting dalam proses pencernaan. Empedu juga akan memberikan warna kuning pada kotoran dan kencing manusia, Batu empedu sendiri terbentuk karena terjadi penggumpalan cairan empedu yang membentuk batu dan mengganggu proses pengeluaran empedu sehingga menimbulkan berbagai gejala batu empedu.



Gejala Batu Empedu

Gejala batu empedu muncul sebagai akibat penyumbatan dan reaksi untuk mengeluarkan batu tersebut dari sumbatannya. Berikut adalah beberapa gejala batu empedu yang sering terjadi.
  • Nyeri pada perut kanan atas yang tiba-tiba dan semakin nyeri dalam waktu yang cepat
  • Nyeri pada daerah ulu hati yang tiba-tiba dan semakin nyeri dalam waktu yang cepat 
  • Nyeri pada perut kanan atas yang tiba-tiba dan semakin nyeri dalam waktu yang cepat  
  • Nyeri di daerah lengan
  • Nyeri di daerah punggung dekat dengan bahu
  • Nyeri meningkat saat menarik nafas
Nyeri pada gejala batu empedu bisa berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam. Karena terjadi gerakan peristaltik untuk mengeluarkan batu dari salurannya maka nyeri yang terjadi biasanya hilang timbul seperti di remas-remas di daerah-daerah diatas.

Penyebab Batu Empedu

Beberapa kondisi dipercaya sebagai penyebab batu empedu, diantaranya:
  • Kelebihan koplesterol, kolesterol biasanya dapat dilarutkan di dalam kandung empedu. Tetapi jumlah kolesterol yang berlebihan akan membuat kolesterol ini menumpuk dan sulit dilarutkan oleh empedu yang kemudian mengkristal dan membentuk batu.
  • Kelebihan bilirubin. Bilirubin sendiri merupakan produk dari hasil pemecahan sel darah merah. Beberapa kondisi dapat menyebabkan penumpukan kadar bilirubin, yaitu: chirrosis hati, penyakit darah tertentu dan adanya infeksi di saluran empedu. Kadar bilirubin berlebihan di dalam kandung empedu dan salurannya akan menjadi penyebab batu empedu.
  • Empedu yang pengeluarannya terhambat. Pengeluaran yang terhambat bisa saja menyebabkan penumpukan dan terkonsentrasinya empedu di dalam salurannya. Hal ini akan membuat cairan empedu menjadi pekat dan mengkristal dan membentuk batu
Oke sekian dulu mengenai penyebab batu empedu dan berbagai gejala batu empedu yang bisa kita kenali. Untuk berikutnya akan dibuat penjelasan mengenai faktor risiko, tipe, pilihan pengobatan,dan pencegahan batu empedu. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment