Tuesday, December 4, 2012

Kenali 8 Gejala Vertigo Ini

Cari jawabannya disini - Vertigo atau pusing berputar merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di masyarakat. Gejala vertigo bisa hanya berupa gejala ringan saja dan tidak mengganggu aktivitas, sampai gejala vertigo yang berat yang membuat penderitanya sangat menurun kualitas hidupnya. Ada beberapa gejala vertigo yang mungkin kabur dengan gejala penyakit lainnya, oleh karena itu sebaiknya kita kenali apa saja gejala vertigo yang sering terjadi sehingga kita tidak terlambat meminta pertolongan dokter.


  1. Pusing - bentuk yang ringan dari gejala vertigo adalah rasa pusing yang sesekali muncul. Gejala ini tidak terlalu spesifik menunjukkan vertigo, tetapi bisa jadi merupakan bagian dari penyakit lain.
  2. Perasaan sekeliling kita berputar atau bergerak - gejala vertigo ini khas menunjukkan suatu vertigo. Anda seolah-olah berdiri pada suatu ruangan yang bergerak dengan sendirinya. Keadaan seperti ini akan membuat anda susah berdiri dan cenderung akan jatuh.
  3. Berkunang-kunang - gejala vertigo ini juga tidak khas, karena bisa saja disebabkan oleh penyakit lain. Anda akan merasa melihat sekumpulan kunang-kunang disekeliling kepala anda.
  4. Tidak bisa mempertahankan posisi -cenderung jatuh saat berdiri
  5. Sulit mempertahankan keseimbangan - bahkan untuk jalan kaki saja pasien akan merasa kesulitan
  6. Pandangan kabur yang berhubungan dengan sensasi vertigo - pandangan kabur bisa diakibatkan gangguan mata sendiri atau merupakan bagian dari gejala vertigo
  7. Mual - karena keseimbangan terganggu akan mengakibatkan munculnya rangsangan mual-mual
  8. Muntah - mual muntah berulang karena vertigo bisa saja terjadi terus menerus. Muntah yang terus menerus akan mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, yang bisa berakhir fatal dengan munculnya kejang ataupun koma. 
Gejala vertigo ini bisa datang dan pergi, dan biasanya berlangsung kurang dari satu menit. Gejala vertigo bisa membaik dan berhenti pada suatu waktu dan bisa muncul lagi pada saat yang lain. Aktivitas juga kadang-kadang mempengaruhi munculnya vertigo, tetapi gejala akan berbeda-beda pada setiap orang. Perubahan posisi kepala yang tiba-tiba sering menjadi pemicunya. Kadang-kadang muncul gejala vertigogejala vertigo berupa nystagmus, yaitu bola mata yang bergerak secara ritmik dengan sendirinya, tanpa disadari. Oke, sekian dulu tulisan tentang , semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment