Thursday, December 13, 2012

Kenali Gejala Stroke Ringan

Kenali Gejala Stroke ringan - Stroke ringan merupakan salah satu penyakit yang paling sering tidak dikenali. Hampir sebagian besar penderita stroke ringan gagal mengenali dan mencari pertolongan medis setelah mendapat serangan ini. Penyakit stroke ringan yang dalam dunia medis dikenal dengan TIA (transient ischemic attack) merupakan munculnya gejala stroke yang muncul beberapa menit dan hilang dengan sendirinya tanpa menimbulkan gejala sisa (kelemahan).

Gejala stroke ringan merupakan gejala yang paling tidak disadari. Bahkan dokter dan praktisi medis pun sering tidak menyadarinya, sehingga TIA merupakan penyakit yang paling sering salah didiagnosis. Hampir 70% penderitanya tidak mengetahui bahwa gejala tersebut merupakan gejala stroke ringan dan hampir sebagian besar tidak mencari pertolongan medis dalam 3 jam. Gejala stroke ringan ini dapat merupakan gejala awal munculnya gejala stroke mayor. Menurut beberapa ahli, sebanyak 5% orang yang mendapatkan gejala stroke ringan akan mendapatkan serangan stroke mayor dalam beberapa hari dan sekitar 10% akan muncul dalam 3 bulan.

Gejala Stroke Ringan (TIA)

Prinsip dari gejala stroke ringan adalah mirip gejala stroke secara umum cuma bedanya pada stroke ringan gejala hanya muncul beberapa menit kemudian hilang tanpa menunjukkan gejala sisa. Berikut adalah gejala stroke ringan yang sering terjadi:
  • Kelemahan atau kesemutan pada wajah, lengan, kaki khususnya pada satu sisi tubuh
  • kesulitan bicara dan memahami sesuatu
  • Bingung
  • ganguan penglihatan yang muncul tiba-tiba
  • Nyeri kepala hebat tanpa diketahui penyebabnya
  • Pusing berputar sampai tidak bisa jalan
Tentu saja gejala diatas muncul beberapa menit saja kemudian menghilang tanpa menimbulkan sesuatu gejala sisa. Untuk memudahkan penilaian stroke maka lembaga kesehatan di Amerika mensosialisasikan suatu metode sederhana mengenali stroke yang semua orang bisa melakukannya, yaitu singkatan F.A.S.T yaitu:

Face. atau wajah, suruh tersenyum apakah ada sisi wajah tidak ikut tersenyum
Arm atau lengan, suruh mengangkat kedua tangan apakah ada satu lengan yang susah diangkat
Speak atau bicara, suruh mengucapkan satu kalimat apakah ada kesulitan dalam mengucapkan kalimat
Time atau waktu, waktu merupakan faktor paling vital dalam pengobatan stroke karena semakin cepat ditangani dari mulai munculnya serangan akan sangat menentukan keberhasilan terapi dan mengurangi munculnya kecacatan. Mengenali gejala stroke ringan dengan baik maka akan mengurangi kemungkinan munculnya serangan stroke mayor yang bisa berakibat fatal

0 comments:

Post a Comment