Saturday, December 15, 2012

Inilah Beberapa Gejala Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Asam Urat - Penyakit asam urat sering diasosiasikan dengan gout arthritis yang merupakan penyakit peradangan sendi yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Penyebab asam urat yang tinggi adalah meningkatnya produksi asam urat dari berbagai makanan yang dikonsumsi dan menurunnya pengeluaran asam urat. Sebenarnya asam urat yang berlebihan di dalam tubuh tidak hanya menyebabkan gangguan pada sendi saja, tetapi dapat juga mengakibatkan terjadinya  batu ginjal dan penumpukan asam urat di kulit (tophi). Kejadian penyakit asam urat semakin meningkat di Indonesia, diduga akibat pola hidup yang mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam urat. Gejala asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di dalam sendi. Apa saja gejala asam urat, mari kita simak pembahasan mengenai ciri-ciri asam urat berikut ini.


Gejala Asam Urat

Gejala asam urat biasanya datangnya tiba-tiba disertai dengan adanya pembengkakan, kemerahan, nyeri yang hebat dan sendi yang terkena sulit digerakkan. Gejala asam urat yang tidak diobati dengan baik akan menjadi sumber terbentuknya radang sendi kronis dan beberapa penyakit lainnya. 
  • Nyeri Sendi. Gejala asam urat ini sangat menyiksa sehingga penderitanya bisa-bisa kesulitan berjalan. Sendi yang paling sering terkena gejala asam urat ini adalah sendi di jempol kaki, tetapi sendi lainnya juga bisa terkena. Sendi lainnya yang bisa terkena dalam frekuensi yang jarang adalah: lutut, jari-jari tangan, jari-jari kaki dan pergelangan kaki. Nyeri biasanya menghilang dalam 1 sampai 2 minggu walaupun tanpa pengobatan. Tetapi gejala asam urat ini akan semakin lama semakin sering terjadi dan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Nyeri biasanya akan semakin memburuk dalam 12 sampai 24 jam sejak munculnya gejala asam urat.
  • Rasa tidak nyaman di sendi. Setelah nyeri berkurang maka gejala rasa tidak nyaman di sendi masih tetap akan terasa beberapa hari sampai beberapa minggu setelahnya. Setelah serangan pertama gejala asam urat ini akan semakin sering terjadi jika pengobatan asam urat tidak adekuat dilakukan.
  • Sendi bengkak, merah, panas dan nyeri saat ditekan. Sama seperti gejala nyeri diatas, maka gejala asam urat ini lebih sering terjadi di ruas sendi di jempol kaki. Pada kasus yang lebih sedikit gejalanya bisa juga muncul pada sendi lutut, pergelangan kaki, tangan dan jari-jari tangan.
Oke itulah beberapa gejala asam urat yang perlu anda perhatikan, selanjutnya anda bisa membaca tulisan mengenai: penyebab asam urat, pantangan asam urat dan cara mengobati asam urat. 

0 comments:

Post a Comment