Thursday, December 13, 2012

Kenali 9 Gejala Lupus Ini

Gejala Lupus - Penyakit lupus atau SLE (systemic lupus erythematosus) merupkan penyakit keradangan kronis akibat suatu reaksi autoimun (imunitas di dalam tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri). Normalnya imunitas tubuh kita berfungsi melawan adanya musuh yang berasal dari luar tubuh kita, baik itu infeksi, benda asing, ataupun hal lainnya. Autoimunitas akibat lupus dapat menyerang berbagai organ diantaranya: sendi, ginjal, darah, kulit, otak, jantung dan paru-paru.



Gejala lupus relatif sulit untuk didiagnosis karena gejala-gejala yang muncul tidak spesifik dan menyerupai gejala penyakit lainnya. Satu-satunya pembeda adalah munculnya kemerahan di pipi yang mirip bentuk kupu-kupu. Beberapa orang memiliki tendensi untuk mengalami penyakit lupus, tetapi kemunculannya dapat dipacu oleh: infeksi, paparan sinar matahari, maupun obat-obatan tertentu. Pengobatan untuk menyembuhkan lupus belum ditemukan sampai saat ini, pengobatan yang diberikan hanya untuk mengurangi gejalanya saja.

Gejala Lupus

Gejala lupus berbeda-beda pada setiap orang, bisa saja muncul pelan-pelan bisa juga muncul tiba-tiba, bisa sementara bisa permanen, bisa ringan bisa juga berat. Gejala lupus juga ditentukan oleh organ apa yang terkena, tetapi secara umum terdapat 9 gejala lupus yang paling umum. Gejala lupus tersebut antara lain:
  1. Lemas dan demam, gejala ini biasanya muncul pelan-pelan tetapi bisa juga muncul tiba-tiba.
  2. Kemerahan pada kedua pipi dan hidung sehingga menyerupai kupu-kupu (butterfly rash)
  3. Sendi terasa nyeri, kaku, dan bengkak
  4. Lesi pada kulit yang bisa memburuk setelah terpapar matahari
  5. Sesak nafas
  6. Nyeri dada
  7. Mata kering
  8. Nyeri kepala, bingung, dan mudah pikun
  9. Jari tangan dan kaki bisa tampak pucat dan kebiruan jika terpapar dingin atau keadaan stress, Gejala lupus ini sering disebut dengan raynuds phenomena
Oke itulah gejala lupus yang paling umum, tidak semua gejala lupus muncul secara bersamaan. Gejala lupus ini juga berbeda-beda bisa muncul dengan cepat bisa pelan-pelan, bisa sangat berat bisa juga ringan tergantung dari banyak faktor. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment