Tuesday, December 4, 2012

Tekanan Darah Rendah : Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Cari jawabannya di sini - Jika anda mengalami tekanan darah rendah atau anda merasa mengalami tekanan darah rendah, anda perlu mengetahui seluk beluknya agar bisa mengatasinya dengan bijak. Banyak orang menyepelekan tekanan darah rendah atau sama sekali tidak pernah memeriksakan tekanan darahnya ke dokter. Terkadang tekanan darah yang terlalu rendah akan menjadi bahaya tersendiri kepada penderitanya, hingga ia jatuh ke dalam fase syok. Tekanan darah rendah memang merupakan gejala saja bukan merupakan penyakit. Nah yang harus menjadi perhatian kita, dasar penyakit apa yang menyebabkan tekanan darah rendah tersebut. Kenali ciri-ciri tekanan darah rendah dan gejala tekanan darah rendah yang umum terjadi.

Tekanan Darah Rendah Adalah

Tekanan darah rendah adalah tekanan darah yang rendah dari nilai normalnya. Definisi tekanan darah rendah kemudian dispesifikkan menjadi tekanan darah sistolik 90 atau lebih rendah dan tekanan darah diastolik 60 atau lebih rendah. Jadi kalau anda memiliki tekanan darah 90/60 maka sudah bisa dikatakan anda mengalami tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah bisa menunjukkan suatu yang sederhana seperti dehidrasi, sampai sesuatu yang lebih berat berupa kelainan medis yang memerlukan tindakan segera.

Penyebab Tekanan darah Rendah

Beberapa faktor diduga sebagai penyebab tekanan darah rendah. Seperti dikatakan sebelumnya tekanan darah rendah bisa merupakan cerminan dari suatu penyakit yang lebih serius. Keadaan-keadaan berikut bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.
  • Kehamilan - karena sistem sirkulasi darah menjadi meluas karena ada bayi yang harus disuplay oleh sang ibu maka wajar terjadi tekanan darah rendah pada ibu hamil. Nilai yang masih bisa ditolerir yaitu 10-20 mmHg lebih rendah dari nilai normal tekanan darah sebelumnya.
  • Gangguan jantung - beberapa penyakit jantung seperti bradikardia, gangguan katup jantung, serangan jantung sampai gagal jantung bisa menunjukkan gejala tekanan darah rendah
  • Gangguan hormon - gangguan hormon seperti hormon thyroid yang rendah (hypothyroid) atau adyson disease bisa menimbulkan gejala tekanan darah rendah
  • Dehidrasi - kekurangan cairan dalam tubuh akan menurunkan volume dalam sirkulasi darah, sehingga secara otomatis menurunkan tekanan darah
  • Pendarahan - kehilangan darah dalam jumlah tertentu akan menurunkan volume darah dan menyebabkan tekanan darah rendah
  • Infeksi - infeksi yang berat akan menimbulkan hipotensi sampai syok, suatu istlah yang sering disebut syok septik
  • Reaksi alergi berlebihan (anapilaksis) - akibat alergi berlebihan oleh tubuh akan memunculkan suatu keadaan tekanan darah rendah dan syok yang disebut syok anapilaksis
  • Obat-obatan - beberapa obat-obatan seperti diuretik, obat hipertensi, obat parkinson dan viagra dapat menimbulkan gejala tekanan darah rendah

Jenis Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa jenis tekanan darah rendah yang perlu anda ketahui, yaitu:
  • Tekanan darah saat berdiri (postural atau orthostatic hipotension) - jika anda berada dalam posisi duduk atau berbaring kemudian tiba-tiba berdiri dan tekanan darah anda turun maka inilah yang disebut dengan orthostatic hipotension. Pada orang normal saat berdiri maka tubuh akan mengkompensasi penumpukan darah di kaki dengan mengecilkan ukuran pembuluh darah dan memaksimalkan jantung dalam memompa darah. Adanya gangguan pada mekanisme kompensasi inilah yang menyebabkan orthostatic hipotension.
  • Tekanan darah saat setelah makan (post prandial hipotension) - saat anda makan maka darah akan mengumpul di saluran pencernaan, dan tubuh akan mengkompensasi kekurangan darah di tempat lain dengan memaksimalkan kerja jantung dan mengecilkan ukuran pembuluh darah. Gangguan mekanisme kompensasi ini akan menimbulkan tekanan darah rendah setelah makan.
  • Tekanan darah rendah karena kegagalan signal otak ( Neuraly mediated hipotension) - tekanan darah rendah saat berdiri lama, dengan gejala lemas, pusing, berkunang-kunang, sampai pingsan. Hal ini terjadi karena miskomunikasi antara otak dan jantung.

Faktor Risiko Tekanan Darah Rendah


Beberapa faktor risiko memudahkan terjadinya tekanan darah rendah, seperti:
  • usia - biasanya terjadi pada usia lebih dari 65 tahun
  • obat-obatan - orang yang mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti obat penurun tensi akan cenderung lebih gampang menderita tekanan darah rendah
  • Penyakit tertentu - beberapa penyakit mempermudah terjadinya tekanan darah rendah, seperti: penyakit parkinson, gangguan jantung dan diabetes.

Bahaya Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah sering merupakan gambaran darai suatu penyakit yang lebih serius. Bahaya tekanan darah rendah lainnya bisa berupa pusing sampai pingsan yang bisa mengakibatkan kecelakaan saat terjatuh. Tekanan darah rendah yang berat akan mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen ke berbagai organ sehingga bisa menimbulkan kerusakan organ seperti, gagal hati dan gagal jantung.


Pengobatan Tekanan Darah Rendah

Jika anda menderita tekanan darah rendah atau mendapatkan beberapa gejala tekanan darah rendah pada diri anda, maka saya sarankan anda melakukan pemeriksaan dokter. Tetapi hal-hal berikut bisa anda kerjakan sebagai kebiasaan untuk pengobatan tekanan darah rendah:
  • Minum lebih banyak air
  • Hindari alkohol
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Makan dalam porsi kecil makanan yang rendah karbohidrat
  • Kalau hendah merubah posisi lakukan dengan perlahan-lahan
  • Kenali makanan darah rendah
Semoga Pembahasan diatas bisa memperluas wawasan anda, sehingga kita bisa waspada terhadap munculnya tekanan darah rendah.

0 comments:

Post a Comment