Tuesday, December 4, 2012

Sembilan Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cari jawabannya disini - komedo merupakan masalah yang sering muncul dan mengganggu penampilan kita. Tentu kadang-kadang kita dibuat kesal oleh munculnya bintik-bintik hitam yang membuat wajah tidak menarik. Anda mungkin akan mencari di berbagai sumber mengenai cara menghilangkan komedo yang ampuh dan relatif gampang diterapkan. Nah disini anda akan mendapatkan berbagai tips menghilangkan komedo secara alami dan mudah diterapkan.

Penyebab Komedo


Komedo merupakan bentuk lain dari jerawat, yang merupakan masalah pada kulit yang menimbulkan keradangan pada kulit. Minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit  dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan radang yang akan berkembang menjadi komedo.  Banyak penelitian mengungkapkan bahwa meningkatnya hormon testosteron dan natural oil di dalam tubuh kita sangat berperan besar dalam terbentuknya jerawat dan komedo. Itulah sebabnya mengapa komedo muncul pada usia remaja, dimana hormon ini mencapai puncaknya. 

Minyak berlebihan yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah dan menumpuklah minyak tersebut di pori-pori tersebut. Disamping itu, keadaan ini akan diperparah dengan munculnya kuman yang berkoloni di dalam pori-pori wajah tersebut sehingga memperparah komedo anda. Cara menghilangkan komedo secara rasional ya dengan mengurangi minyak dalam wajah, membersihkan dengan benar dan mencegah invasi kuman ke wajah kita.

Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami


Ada berbagai macam tips menghilangkan komedo yang bisa kita terapkan dengan mudah, tetapi kadang-kadang hasil yang kita harapkan tidak sesuai dengan harapan. Anda mungkin sudah mencoba berbagai produk obat-obat komedo yang beredar di pasaran dan diiklankan besar-besaran. Beberapa orang mungkin cocok, tetapi beberapa orang lainnya justru kecewa. Karena selain mahal, pada jenis kulit tertentu yang sensitif produk obat tersebut justru merusak kulit wajah anda.

Resiko kerusakan kulit bisa kita kurangi dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita. Bahan alami cenderung lebih aman dibandingkan dengan bahan-bahan kimia yang cenderung membahayakan kulit. Perawatan secara alami dengan cara yang tepat dan aman akan mampu menghilangkan komedo dan mencegah munculnya komedo yang membuat penampilan kita menjadi kacau. Kalau sudah siap dengan Tips menghilangkan komedo secara alami, baca dan terapkan cara berikut dengan bijak.

  1. Lidah buaya, gel yang berasal dari lidah buaya memiliki aktivitas anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu menghilangkan penyebab dari komedo. Sehingga cara ini lebih efektif dan alami dalam melawan komedo.
  2. Ubah pola makan kita - dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat akan mampu membersihkan saluran pencernaan kita. Makanan yang dimaksud bisa berupa buah-buahan, sayuran, sereal, gandum utuh dan bahan makanan lainnya yang kaya serat. Disamping itu, anda juga harus mengurangi konsumsi gorengan, obat-obatan maupun minuman beralkohol karena akan merusak usaha anda dalam mengatasi jerawat dan komedo.
  3. Uapkan wajah seminggu sekali - Isilah mangkok seukuran wajah anda dengan air hangat, kemudian dekatkan wajah anda ke mongkok tersebut dan biarkan uap air tersebut mengenai kulit wajah anda. Setelah beberapa menit anda dapat memberikan masker madu pada kulit wajah anda, sehingga selain komedo anda hilang sekaligus juga dapat memperhalus dan mencerahkan kulit wajah kita.
  4. Sering-seringlah mengganti sarung bantal anda - tahukah anda bahwa minyak yang diproduksi oleh kelenjar di rambut kita maupun minyak yang berasal dari minyak rambut akan menempel pada sarung bantal kita. Bisa anda bayangkan begitu banyak minyak dan kotoran yang menempel pada sarung bantal akan mengenai kulit wajah anda, yang kemudian akan memicu terjadinya jerawat dan komedo dalam beberapa hari. Jangan heran, usaha yang anda lakukan selama ini untuk menghilangkan komedo berakhir dengan kegagalan hanya karena hal sepele berupa mengganti sarung bantal.
  5. Jangan Gunakan Handuk Yang sama - hal sepele berikutnya yang akan menimbulkan jerawat dan komedo adalah menggunakan handuk yang sama untuk mengelap badan, bagian intim, dan wajah. Terbayang dong bagaimana kuman dapat berpindah dari bagian tubuh yang lain ke daerah wajah anda. Usahakan untuk membedakan handuk untuk wajah, badan dan daerah intim kita dan tetap jaga kebersihan handuk kita itu.
  6. Buka pori-pori sebelum menggunakan masker - pori-pori yang terbuka akan memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh kulit. Membuka pori-pori wajah dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan hangat pada wajah dengan menyeka wajah dengan handuk hangat atau dengan memberikan uap panas pada wajah seperti cara diatas. Dengan terbukanya pori-pori maka produk perawatan wajah akan bekerja lebih optimal dalam membersihkan minyak dan kotoran yang tersembunyi di kulit dan memaksimalkan penyerapan nutrisi dari produk perawatan wajah tersebut.
  7. Kulit jeruk - cara ini mungkin sedikit kurang nyaman, tapi bisa anda coba untuk menghilangkan komedo anda. Siapkan beberapa lembar kulit jeruk, kemudian hancurkan dengan blender selanjutnya campur dengan sedikit air sehingga berbentuk pasta yang kental. Taruh adonan tersebut diatas komedo dan biarkan selama satu malam. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.
  8. Putih telur - mungkin cara ini sudah banyak anda dengar, prinsipnya adalah membuka pori-pori dan menjadikan putih telur sebagai lem yang mengangkat komedo.  Caranya, pisahkan putih telur dengan kuning telur, selanjutnya putih telur dikocok dengan menambahkan madu hingga berbentuk busa. Campuran ini kemudian dioleskan merata di kulit wajah selama kira-kira setengah jam atau sampai kering. Setelah itu bersihkan dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Anda dapat menerapkan tips menghilangkan komedo ini dua kali dalam seminggu.
  9. Bilas wajah dengan gara,. Mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi cara ini sudah dibuktikan ampuh menghilangkan komedo. Campur beberapa gelas air hangat dengan garam, kemudian cucilah wajah dengan campuran ini. Garam membantu memngurangi minyak dan membunuh bakteri yang menyebabkan komedo sehingga cara ini relatif bisa anda terapkan sebagai tips menghilangkan komedo
Itulah beberapa Tips menghilangkan komedo yang sangat gampang dan mudah diterapkan. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment