Thursday, December 13, 2012

Kenali Gejala Sakit Ginjal / Gagal Ginjal (Gejala Penyakit Ginjal)

Gejala Sakit Gagal Ginjal - Sakit ginjal kronis atau sering disebut dengan gagal ginjal merupakan penurunan fungsi ginjal yang berlangsung secara pelan-pelan. Dalam kondisi normal ginjal mampu membuang semua racun dan produk metabolisme dari tubuh yang dialirkan melalui darah sehingga tidak ada penumpukan racun di dalam tubuh. Kalau fungsi ginjal sudah mulai menurun maka akan mulai ada penumpukan sisa metabolisme dalam tubuh. Pada stadium awal, gejala gagal ginjal tidak akan terlihat dengan mudah karena masih ada kompensasi dari sel-sel ginjal yang tersisa yang masih baik. Gejala penyakit ginjal baru akan mulai muncul saat fungsi ginjal secara signifikan menurun. 



Pengobatan gagal ginjal tidak bertujuan untuk menyembuhkan melainkan hanya untuk memperlambat penurunan fungsi ginjal lebih lanjut. Saat fungsi ginjal sudah mencapai end stage (stadium akhir gagal ginjal) maka diperlukan terapi pengganti ginjal berupa: transplantasi ginjal atau cuci darah.

Gejala Sakit Ginjal (Gagal Ginjal)

Gejala sakit ginjal biasanya tidak spesifik dalam artian gejala yang sama bisa juga akibat penyakit lainnya. Ginjal merupakan organ yang fleksibel, dimana penurunan fungsi ginjal dapat dikompensasi oleh sisa sel ginjal yang masih baik sehingga tidak menimbulkan gejala sakit ginjal pada awal-awal perkembangannya. Gejala penyakit ginjal baru akan muncul sampai terjadi kerusakan ginjal yang irreversibel. 

Berikut adalah beberapa gejala sakit ginjal (gagal ginjal) yang paling umum terjadi, yaitu:
  1. Mual
  2. Muntah
  3. Lemas atay cepat capek
  4. Nafsu makan berkurang
  5. Gangguan tidur
  6. Gangguan pengeluaran urin
  7. Keram otot atau kekakuan pada otot
  8. cegukan
  9. Gangguan status mental
  10. Pembengkakan pada kaki
  11. Gatal yang terus menerus
  12. Nyeri dada jika terjadi penumpukan cairan di rongga paru
  13. Sesak nafas
  14. Kekurangan darah atau anemia
  15. Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang susah diobati
Gejala gagal ginjal harus dibedakan dengan sakit ginjal akibat batu ginjal yang bisa berupa nyeri pada pinggang, kencing yang terhambat, kencing keluar darah dan lain-lain. Gejala sakit ginjal (gagal ginjal) seperti diatas tidak harus muncul semuanya, biasanya gejala berupa bengkak di kaki, tekanan darah tinggi dan anemia sudah cukup untuk mengarahkan kecurigaan kearah sakit ginjal (gagal ginjal). Kalau anda menemui gejala sakit ginjal diatas segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan laboratorium darah.

Pencegahan Sakit Ginjal (Gagal Ginjal)

Gagal ginjal muncul jika ginjal terbebani oleh makanan, minuman, bahan kimia dan obat-obatan tertentu dalam jumlah tinggi dalam waktu yang lama. Atau dengan kata lain ginjal bekerja keras untuk menyaring racun-racun yang berlebihan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu untuk mencegah gagal ginjal sebaiknya kita tidak membuat ginjal bekerja keras dengan:
  • Minum air putih yang cukup
  • Jangan minum alkohol dalam jumlah berlebihan
  • Kalau anda mengkonsumsi obat tertentu perhatikan aturan pemakaiannya, jangan melebihi dosis dan jangan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga berlaku untuk produk herbal, jamu maupun obat-obatan yang dijual bebas
  • Jaga berat badan yang ideal
  • Jangan merokok
  • Konsultasikan kondisi kesehatan anda pada dokter anda. Beberapa penyakit juga bisa memicu timbulnya sakit ginjal (gagal ginjal)
 Itulah beberapa gejala sakit ginjal (gagal ginjal) dan berbagai cara untuk pencegahan sakit ginjal (gagal ginjal). Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment