Saturday, December 15, 2012

Kenali Pantangan Asam Urat Berikut Ini

Pantangan asam urat - Setelah anda membaca mengenai gejala asam urat pada tulisan sebelumnya, maka ada baiknya anda mengenali beberapa pantangan asam urat. Bagi penderita asam urat, makanan merupakan faktor penting yang perlu dikontrol karena salah satu penyebab asam urat adalah mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung asam urat. Selain akibat terganggunya pengeluaran asam urat dari tubuh, asam urat terjadi karena produksi asam urat yang berlebihan. Beberapa makanan yang kita gemari dan sering kita konsumsi kadang-kadang tinggi akan asam urat. Untuk itu kita harus mampu mengenali beberapa pantangan asam urat.


Pantangan Asam Urat

Asam urat merupakan produk metabolisme normal dari substansi yang bernama purin. Purin ini merupakan substansi yang kaya nitrogen yang kalau dipecah oleh tubuh akan menghasilkan asam urat. Makanan-makanan yang kaya purin berikuti ini merupakan pantangan asam urat.
  • Jeroan. Jeroan atau organ dalam dari dulu sudah dikenal sangat kaya akan purin, sehingga makanan ini merupakan salah satu pantangan asam urat. Jeroan yang kaya purin banyak terdapat di hati, usus, dan ginjal terutama dari daging kambing atau babi.
  • Seafood. Seafood seperti udang, kepiting, kerang, sarden dan makarel sangat tinggi kadar asam uratnya.
  • Daging kambing / domba. Penyakit asam urat dalam bahasa medis disebut dengan gout arthritis. Tidak salah orang menamakan Gout (kambing) arthritis karena kambing mengandung purin dalam jumlah yang tinggi. Sehingga makanan ini termasuk pantangan asam urat yang perlu anda hindari.
  • Alkohol. Bir, arak dan alkohol jenis lainnya juga merupakan makanan pantangan asam urat.
  • Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang kapri
  • Sayur tertentu, seperti: bayam, jamur, asparagus, kol, kembang kol, sawi
  • Lainnya: oatmeal, belut, tiram, bacon
Itulah beberapa pantangan asam urat yang bisa anda pakai pedoman dalam mengatasi asam urat yang anda derita.

1 comments:

  1. asam urat adalah penyakit yang sangat mengganggu

    ReplyDelete