Thursday, December 13, 2012

Kenali Beberapa Gejala Leukimia Berikut Ini

Gejala Leukimia - Leukimia atau kanker darah merupakan kanker dari organ-organ pembentuk darah, diantaranya sumsum tulang dan sistem limfatik. Ada banyak bentuk leukimia yang bisa terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Leukimia biasanya diawali dengan gangguan yang terjadi di sel darah putih. Sel darah putih ini berguna untuk melawan infeksi di dalam tubuh dan sebagai sistem pertahanan. Kalau ada infeksi di bagian tubuh manapun maka sumsum tulang dan sistem limfatik akan membentuk darah putih untuk melawan infeksi tersebut. Pada orang yang mengalami leukimia, darah putih yang terbentuk tidak berfungsi dengan baik sehingga rawan terjadi infeksi.


Gejala Leukimia

Gejala leukimia sangat bervariasi, tergantung dari tipe leukimia yang terjadi. Tetapi secara umum gejala leukimia adalah sebagai berikut:
  1. Demam, demam terjadi karena infeksi. Infeksi lebih sering terjadi pada orang leukimia karena ada gangguan dalam sel darah putihnya
  2. Lemas dan cepat capek. hal ini terjadi karena sel darah merah mengalami gangguan pada leukimia
  3. Sering terjadi infeksi
  4. Berat badan menurun
  5. Gampang berdarah dan lebam-lebam. Gejala leukimia ini terjadi karena trombosit yang berguna untuk pembekuan darah jumlahnya sangat berkurang pada orang leukimia
  6. Bintik-bintik merah pada kulit. Gejala leukimia ini juga terjadi akibat berkurangnya komponen trombosit darah
  7. Pembengkakan kelenjar limfe dan hati
  8. Mudah berkeringat, terutama di malam hari
  9. Nyeri pada tulang dan sendi-sendi
Gejala gejala leukimia diatas kadang-kadang samar dan tidak spesifik, anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter anda kalau mengalami kecurigaan terhadap penyakit ini. Kadang-kadang leukimia ditemukan secara tidak sengaja saat melakukan pengecekan laboratorium darah. Biasanya pada pemeriksaan laboratorium darah akan ada gangguan pada sel darah putih, sel darah merah dan trombosit. Oleh karena itu gejala infeksi, lemas dan perdarahan merupakan gejala leukimia yang paling sering terjadi.

0 comments:

Post a Comment