Tuesday, December 4, 2012

Kanker Otak : 5 Gejala Tumor Otak Yang Paling Umum

Cari jawabannya disini - Kanker otak merupakan salah satu tumor yang mengerikan. Karena selain menyerang bagian paling penting dalam tubuh kita, tumor otak juga sangat mengancam nyawa penderitanya. Ada baiknya kita lebih mengenal gejala tumor otak, agar kita lebih waspada dan berhati-hati terhadap munculnya gejala tumor otak ini. Tumor otak tidak selalu menunjukkan gejala yang khas, bahkan kadang-kadang tidak ditemukan gejala sama sekali, seperti tumor kelenjar pituitari yang berada di otak. 



Gejala tumor otak sangat beragam dan kadang-kadang tidak spesifik menunjukkan kankerotak, karena gejala yang sama bisa saja merupakan gejala dari penyakit lain. Satu-satunya jalan untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes diagnosis dengan menemui dokter di rumah sakit yang menyediakan fasilitas diagnosis kanker otak. 

Gejala tumor otak terjadi oleh karena: tumor tersebut mendesak atau menginvasi bagian tertentu dari otak dan bisa juga terjadi karena pembengkakan otak akibat tumor atau keadaan yang berkaitan dengan tumor otak. Gejala tumor yang menyebar ke otak pun menyerupai gejala tumor otak yang primer.

Berikut adalah lima gejala tumor otak yang paling umum ditemui:
  • Nyeri kepala - nyeri kepala akibat tumor otak terjadi karena penekanan oleh tumor atau meningkatnya tekanan di dalam kepala oleh massa tumor. Nyeri kepala yang terjadi berupa nyeri kepala yang konstan dan terus menerus. Nyeri kepala yang merupakan gejala tumor otak bisa ringan sampai nyeri kepala hebat yang tidak bisa ditahan oleh penderitanya.
  • Lemas - Lemas merupakan gejala yang umum pada berbagai jenis kanker, hal ini terjadi karena tumor atau kanker tersebut "mencuri" pasokan makanan yang seharusnya diedarkan ke seluruh tubuh. Kanker memerlukan makanan dalam jumlah yang lebih karena perkembangannya yang tidak terkendali.
  • Kejang - kejang yang terjadi biasanya tiba-tiba tanpa ada riwayat epilepsi atau gangguan lain sebelumnya. Kejang terjadi karena massa tumor berperan sebagai fokus epilepsi yang mengganggu proses konduksi kelistrikan di otak.
  • Sulit berjalan - mungkin gejala ini tergantung di mana lokasi tumor otak berada, kalau masa tumor spesifik mengenai daerah yang mengatur kaki dan pendukungnya, maka gejala tumor otak ini bisa terjadi. Kalau massa tumor terlalu besar bisa jadi dia akan mendesak daerah-daerah yang fital dalam otak yang mengatur proses pergerakan kaki.
  • Kaku - Tubuh terasa kaku dan sulit dikoordinasikan.
Selain kelima gejala tumor otak yang umum diatas, ada beberapa gejala tumor otak yang tidak spesifik seperti:
  • perubahan status mental, seperti: gangguan konsentrasi, gangguan kesadaran, memori dan perhatian
  • mual -mual dan muntah (khususnya di pagi hari)
  • gangguan penglihatan - bisa berupa penglihatan kabur atau melihat dobel
  • gangguan bicara
  • penurunan kemampuan intelektual dan emosional secara bertahap
Pada beberapa keadaan gejala-gejala tumor otak tersebut muncul perlahan-lahan, dan pada beberapa kasus lainnya tumor muncul sebagai gejala yang tiba-tiba mirip gejala stroke. Jika anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala tumor otak diatas maka sebaiknya anda segera temui dokter untuk memeriksa kesehatan anda lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment