Thursday, December 13, 2012

Inilah Penyebab dan Gejala Sinusitis

Sinusitis adalah

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada daerah sinus. Sinus sendiri merupakan suatu rongga yang terdapat di sekitar pipi dan daerah mata. Timbulnya keradangan pada sinus akan menyebabkan munculnya nyeri dan dan rasa tidak nyaman di daerah pipi, sekitar mata dan di daerah kepala. Sinusitis dapat muncul sebagai gejala yang berlangsung tiba-tiba (sinusitis akut) atau bisa berlangsung lebih dari 8 minggu (sinusitis kronis).

Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur yang tumbuh di dalam rongga sinus yang mengalami penyumbatan. Sinus biasanya menghasilkan suatu cairan, yang dalam keadaan normal akan bisa mengalir keluar dari rongga sinus menuju ke tenggorokan. Saat saluran ini tersumbat oleh berbagai sebab maka akan terjadi peradangan di daerah sinus tersebut yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, dan nyeri. Pada kondisi ini maka akan dengan mudah dimasuki oleh bakteri, virus dan jamur yang akan memperparah kondisi sinus.

Infeksi virus merupakan penyebab sinusitis yang paling umum. Infeksi virus menyebabkan membran mukosa yang melapisi sinus menjadi bengkak dan meradang. Membran mukosa yang bengkak akan menyebabkan penyumbatan aliran sinus. Hal ini akan meningkatkan tekanan di dalam rongga sinus sehingga menimbulkan gejala sinusitis berusa rasa nyeri dan seperti tertekan. Pada aliran sinus yang terhambat akan menyebabkan bakteri menginvasi daerah sinus ini dan akan memperparah sinusitis.

Beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyumbatan pada sinus antara lain: alergi (rinitis alergi) biasanya menjadi penyebab sinusitis kronis, polip hidung, hidung yang bengkok (deviasi septum nasi), benda asing di dalam hidung (biasanya pada anak-anak), dan beberapa kondisi lainnya.

Infeksi jamur biasanya jarang terjadi, tetapi munculnya infeksi akibat jamur ini merupakan tanda dari penurunan imun tubuh. Infeksi jamur biasanya menyebabkan sinusitis kronis dan lebih susah untuk diobati

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis yang paling umum bisa berupa nyeri dan rasa seperti tertekan di daerah pipi dan sekitar kepala. Gejala ini bisa disertai dengan keluarnya ingus yang bisa menetes seperti gejala filek. Ingus bisa hanya berupa cairan bening, tetapi biasanya berupa ingus yang berwarna kuning kehijauan. Jika anda menundukkan atau menggerakkan kepala anda maka nyeri dan rasa tertekan tersebut akan terasa semakin berat.

Lokasi nyeri dan rasa tertekan tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi sinus yang terkena. Bagian pipi dan diatas mata biasanya yang paling umum terkena. Ciri-ciri sinusitis yang lain bisa berupa:
  • Nyeri dan rasa tertekan di pipi dan diatas mata
  • Nyeri kepala
  • Ingus berwarna kuning kehijauan
  • Ingus yang menetes
  • Bau mulut
  • Rasa seperti sakit gigi
  • Sulit membaui sesuatu
  • Demam
  • Batuk yang disertai dahak
Gejala sinusitis akut (tiba-tiba) yang biasanya diakibatkan oleh virus bisa berlangsung sekitar 4 minggu, dan biasanya sembuh sendiri tanpa pengobatan. Sinusitis yang disertai keluarnya ingus berisi nanah yang biasanya memburuk pada hari kelima sampai hari kesepuluh biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika gejala sinusitis tetap berlangsung lebih dari 4 minggu maka akan bisa berkembang menjadi sinusitis kronis.

Gejala sinusitis pada anak-anak tidak jauh berbeda dengan pada orang dewasa yaitu berupa: batuk disertai keluarnya ingus, nyeri kepala dan nyeri di sekitar wajah. Pada anak-anak yang berusia sekitar 2 tahun biasanya gejala sinusitis juga disertai dengan infeksi pada telinga dan beberapa gejala alergi.

Pada tulisan berikutnya akan dibahas mengenai pengobatan sinusitis dan pencegahan sinusitis. Sekian pembahasan mengenai penyebab sinusitis dan gejala sinusitis, semiga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment