Tuesday, December 4, 2012

Makanan Darah Rendah : Apa Yang Harus Dimakan Dan Apa Yang Tidak Boleh Dimakan

Cari Jawabannya disini - Tekanan darah rendah adalah tekanan darah yang dibawah nilai optimal, biasanya nilainya dibawah 110/70 mmHg. Pada beberapa orang keadaan ini, merupakan suatu variasi normal, tetapi pada beberapa orang lain merupakan suatu kelainan yang harus diatasi. Makanan memegang peranan penting terbentuknya darah rendah, sehingga kita harus memahami makanan apa yang memicu darah rendah dan makanan apa yang dianjurkan untuk mengatasi darah rendah. Oyaaa...darah rendah tidak sama dengan anemia atau kekurangan darah. Berikut adalah beberapa makanan darah rendah yang perlu anda ketahui.



Garam dan Darah Rendah

konsumsi garam yang kurang akan dapat menyebabkan darah rendah. Sodium yang terkandung dalam garam di dalam ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan sehingga cairan yang kurang di dalam darah akan dijaga dengan mengurangi pengeluaran cairan melalui kencing. Beberapa tahun terakhir memang ada trend untuk membatasi konsumsi garam yang dikaitkan dengan munculnya hipertensi. Tetapi Pada penderita darah rendah konsumsi sodium tetap diperbolehkan dengan kadar tertentu. Tambahkan garam ke dalam makanan anda atau campurkan dalam air putih atau minuman lainnya. Jumlah garam yang dianjurkan sebagai makanan darah rendah adalah 900 - 1000 mg tiga kali sehari.

Minum Air dan Darah Rendah

Minum air yang cukup akan mempertahankan volume darah yang ideal agar terhindar dari darah rendah. Air merupakan salah satu komponen yang menentukan tekanan darah. Mengkonsumsi sodium yang cukup akan mempertahankan air tetap di dalam tubuh kita, sehingga mampu mengobati darah rendah anda. Minumlah air yang cukup, 2 liter per hari merupakan jumlah yang dianjurkan.

Kekurangan Vitamin  dan Darah Rendah

Kekurangan beberapa vitamin dapat menjadi penyebab darah rendah, terutama kekurangan vitamin C, B dan E. Kekurangan vitamin B5 atau asam panthotenat berkaitan dengan peningkatan pengeluaran sodium, yang artinya akan memicu terjadinya tekanan darah rendah.
Vitamin B5 banyak terdapat dalam makanan hewani, tetapi kadar paling tinggi ada di organ hati dan jeroan. Ayam, daging dan telur juga banyak mengandung vitamin B5 yang baik sebagai makanan darah rendah. Sedangkan vitamin C banyak terdapat dalam buah dan sayur. Jambu biji memiliki kadar vitamin C yang tinggi dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Sedangkan vitamin E banyak terdapat dalam gandum, olive oil, dan minyak bunga matahari.

Kekurangan Protein dan Darah Rendah

Protein di dalam tubuh berguna sebagai zat pembangun. Protein sangat penting dalam pembentukan darah dan pembuluh darah, dimana pada orang dengan hipotensi kedua hal ini berpengaruh. Protein bisa berasal dari produk hewani maupun tumbuh-tumbuhan. Daging, ayam, telur, susu merupakan sumber protein yang bisa anda coba. Sedangkan protein dari tumbuh-tumbuhan banyak terdapat dalam tahu, tempe, gandum dan kacang-kacangan. Makan-makanan yang bervariasi akan menjamin kecukupan protein dalam tubuh anda.


Beberapa Makanan Pemicu Darah Rendah


Beberapa jenis makanan dipercaya sebagai penyebab darah rendah, walaupun kebenarannya perlu diuji melalui penelitian yang baik. Tetapi ada baiknya anda juga mengenal beberapa makanan yang diduga sebagai penyebab darah rendah, yaitu sebagai berikut: 
  • seledri
  • anggur
  • mentimun
  • belimbing manis
  • bawang putih
  • alpukat
  • daun salam
Anda bisa menghindari makan-makanan tersebut untuk sementara jika anda menderita darah rendah sampai tekanan darah anda menjadi normal kembali. Oke sekian dulu mengenai makanan darah rendah, semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. Ternyata kurang konsumsi garam bisa menyebabkan darah rendah ya. Terima kasih atas informasinya. Namun terus terang yang sayat tahu garam itu adalah suatu zat yang mengandung dilema. Garam adalah hal yang penting untuk tubuh. Tubuh yang sudah tidak 'kuat' menerima asupan garam harian maka ia perlu untuk mengurangi asupan garam harian tersebut. Sebagian orang gampang menguranginya dan sebagian lagi akan sangat sulit untuk mengaturnya. Untuk itu, artikel http://goo.gl/B4nnj6 pernah memuat, sebagaimana yang pernah saya baca, kalo ada beberapa trik jitu agar mudah mengurangi asupan garam. Makan makanan berbahan segar adalah satu trik jitu yang bisa dicoba agar mudah mengurangi asupan garam.

    ReplyDelete