Tuesday, December 3, 2013

10 Hal Yang Baik Untuk Ginjal Anda

Yang baik untuk ginjal adalah yang baik juga untuk tubuh anda secara umum. Ginjal seperti kita ketahui merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita yang berperan dalam pembuangan sampah dan racun-racun hasil metabolisme dari tubuh. Ginjal yang sehat akan sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Bisa anda bayangkan betapa menderitanya sahabat, tetangga, atau kenalan anda yang sudah menderita sakit ginjal, dimana mereka harus melakukan cuci ginjal yang mahal dan menakutkan. Tentu kita tidak menginginkan hal seperti itu terjadi pada kita. Sehingga pencegahan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, sebelum hal buruk tersebut menimpa anda atau keluarga anda. Jika anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami  sakit ginjal, maka langkah terpenting yang baik untuk ginjal anda adalah melakukan pengecekan darah dan urine untuk mengetahui tingkat kesehatan ginjal anda. Selain itu hal yang baik untuk ginjal anda juga dilakukan dengan melakukan kontrol yang baik untuk masalah kencing manis, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, karena ketiga penyakit tersebut sangat dekat dengan penyakit ginjal.


Berikut adalah sepuluh hal yang baik untuk ginjal anda yang bisa lakukan dan terapkan dalam keseharian anda. Hal-hal tersebut antara lain:
  1. Jaga tekanan darah anda tetap dalam batas yang normal, lakukan kontrol tekanan darah yang rutin minimal sebulan sekali untuk mengetahui tekanan darah anda. Jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka sebaiknya anda melakukan kontrol yang lebih sering. Konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan pengobatan untuk tekanan darah tinggi anda.
  2. Jika anda menderita kencing manis atau diabetes, kontrol gula darah anda dalam level normal. Untuk mendapatkan level gula darah normal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang cukup, olahraga, bila perlu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter anda.
  3. Jaga level kolesterol tetap normal, hal lain yang mempengaruhi kesehatan ginjal adalah kolesterol. Lakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali, dan konsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan ginjal anda.
  4. Minum obat yang dianjurkan oleh dokter anda, beberapa obat antihipertensi seperti ACE inhibitor dan ARB dapat berperan dalam melindungi ginjal anda. Konsultasikan dengan dokter anda jika anda mengkonsumsi obat bebas atau jamu-jamuan tradisional secara berlebihan. Karena beberapa obat dan jamu yang dijual bebas diketahui sangat beracun bagi ginjal jika dikonsumsi sembarangan.
  5. Kurangi konsumsi garam, jangan mengkonsumsi garam lebih dari 1.500 miligram per hari. Tingkatkan asupan air putih akan membantu mengurangi beban ginjal.
  6. Pilih makanan yang baik untuk ginjal dan jantung anda, seperti: buah-buahan dan sayuran segar, gandum, dan makanan yang rendah lemak.
  7. Kurangi konsumsi minuman beralkohol maupun minuman suplemen penambah tenaga.
  8. Lakukan olahraga secara rutin, lebih aktif secara fisik dan meninggalkan kebiasaan sedentary lifestyle akan membantu menyehatkan ginjal anda.
  9. Jika anda menderita kegemukan atau obesitas, ada baiknya anda mengurangi berat badan dengan cara yang sehat.
  10. Jika anda merokok, hentikan kebiasaan merokok secara bertahap. merokok dapat memperparah kerusakan ginjal.
Itulah 10 hal yang baik untuk ginjal anda yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dari sekarang, karena proses kerusakan ginjal bisa berjalan terus jika anda tetap menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Yang baik untuk ginjal anda juga baik untuk tubuh anda.

0 comments:

Post a Comment