Wednesday, September 5, 2012

Turun Berok - Gejala dan Pilihan Pengobatannya

Turun berok atau penyakit hernia merupakan suatu istilah yang umum diapakai untuk menggambarkan suatu keadaan dimana terjadi penonjolan di sekitar selangkangan.  Sebenarnya turun berok atau hernia  terjadi ketika jaringan lunak - biasanya bagian dari usus - menonjol melalui titik lemah atau robek di bawah dinding perut. Tonjolan tersebut kadang menimbulkan rasa sakit yang sangat- terutama ketika Anda batuk, membungkuk atau mengangkat benda yang berat.

Turun berok atau hernia kadang-kadang bisa hilang dengan sendirinya, tetapi juga bisa menimbulkan suatu keadaan yang berbahaya yang mengancam nyawa. Keadaan yang mengancam jiwa terjadi jika terjadi jika terjadi jeratan pada usus didalam kantong hernia, yang bisa diawali dengan infeksi lokal, kebocoran usus, hingga infeksi menyeluruh. Untuk alasan ini, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan operasi pada hernia yang menyakitkan atau bertambah besar. Pembedahan pada turun berok merupakan suatu  prosedur pembedahan yang sering dan sudah umum dilakukan.
Gejala Hernia atau Turun Berok
 
Gejala turun berok atau hernia kadang-kadang tersamar sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya sampai ditemukan oleh dokter secara tidak sengaja.  Seringkali gejala turun berok begitu jelas, sehingga Anda dapat melihat dan merasakan tonjolan diciptakan oleh usus yang menonjol tersebut. Tonjolan biasanya akan terlihat lebih jelas ketika Anda berdiri tegak, batuk atau melakukan regangan.

Tanda-tanda dan gejala turun berok atau hernia meliputi:


  • Muncul tonjolan di sisi kanan atau kiri selangkangan 
  • rasa penuh bahkan nyeri pada daerah yang menonjol tersebut 
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan pada pangkal paha Anda, terutama saat membungkuk, batuk atau mengangkat 
  • Sebuah sensasi berat di pangkal paha 
  • Kelemahan atau tekanan di pangkal paha 
  • Kadang-kadang, pada pria rasa sakit dan bengkak muncul di skrotum

Tanda dan gejala Turun Berok pada anak-anak
 
Hernia atau turun berok pada bayi baru lahir dan anak-anak merupakan akibat dari kelemahan di dinding perut yang muncul pada saat lahir. Kadang-kadang hernia dapat terlihat hanya ketika bayi menangis, batuk atau mengejan saat buang air besar. Pada anak yang lebih besar, hernia mungkin akan lebih jelas ketika anak tersebut batuk, mengedan saat buang air besar atau berdiri untuk jangka waktu yang panjang.

Pengobatan Hernia atau Turun Berok
 
Temui dokter Anda jika Anda penyakit turun berok yang anda derita menimbulkan rasa sakit atau bertambah besar. Tonjolan mungkin akan lebih terlihat ketika Anda berdiri tegak, dan Anda biasanya dapat merasakannya jika Anda meletakkan tangan Anda langsung di atas daerah yang terkena.

Anda dapat mendorong hernia tadi pada saat anda berbaring dengan tekanan yang agak lembut. Saat terjadi pembengkakan yang merah dan nyeri pemberian kompres es mungkin bisa membantu. Kompres akan mengakibatkan pembengkakan berkurang sehingga diharapkan hernianya bisa dimasukkan kembali dengan lebih mudah. Berbaring dengan posisi panggul lebih tinggi dari kepala juga dapat membantu memasukkan kembali turun berok tersebut.

Jika Anda masih belum mampu mendorong hernia ke dalam, usus yang keluar tadi mungkin telah  terjepit di dinding perut - sebuah kondisi serius yang mungkin memerlukan perhatian medis segera. Kondisi ini dapat disertai mual, muntah demam, detak jantung yang cepat, sakit mendadak yang  tiba-tiba dan tonjolan hernia yang bertambah merah, biru atau gelap. Jika salah satu dari tanda-tanda atau gejala-gejala  tersebut muncul, sebaiknya anda menghubungi dokter Anda segera. Untuk mencegah hernia atau turun berok terperangkap anda dapat menggunakan celana khusu untuk hernia.

0 comments:

Post a Comment